Powered by :
KOPER
Rabu, 14 Januari 2015

Beberapa Fakta Unik Tentang Kadal

Beberapa kadal seperti Tokek, memiliki kelopak mata. Tapi sama seperti ular, dua kelopak mata telah menyatu untuk membentuk sebuah "spectacle", kelopak mata yang masih terlihat jelas/ "tradisional" dari kadal adalah seperti yang dimiliki kadal (tokek) leopard.
 
Sama seperti ular, kadal juga dapat mencium bau dari udara, ini dikarekan ia juga memiliki jacobsen's organ/  Vomeronasal organ.






Salah satu jenis kadal yang unik adalah kadal tanpa kaki, sepintas mirip seperti ular. namun yang membedakannya adalah "kadal ular" ini mempunyai kelopak mata
Kebanyakan kadal mengganti gigi mereka sepanjang hidup, kecuali bunglon dan kadal Agamid.










 Ada 2 Jenis kadal yang berbisa, yaitu kadal raksasa gila (Heloderma sucpectum) dan kadal manik-manik mexico




      




Komodo adalah spesies kadal yang terbesar, panjang mereka dapat mencapai 10 kaki. Adalah jenis kadal pemangsa yang pintar karena setelah mereka tahu rute perjalanan mangsa mereka, mereka akan menunggu untuk menyergap mangsanya. komodo akan menggigit mangsanya, dan lewat gigitan itu ia akan meracuni mangsanya dengan bakteri diliurnya yang akan berkembangbiak pada luka mangsanya. komodo akan terus melacak mangsa tersebut, menunggu sampai hewan itu terlalu lemah untuk melarikan diri lalu kemudian menyantapnya.













Beberapa kadal bertanduk (Phrynosoma sp.) Dapat menyemprotkan darah dari mata mereka. kadal ini menyemprotkan darah lewat otot-otot pengikat yang mencegah aliran darah keluar dari kepala, tekanan darah dibangun di kepala sampai pembuluh darah di sudut dalam mata pecah, kadal ini mampu menyemprotkan darah hingga 4 meter. 






 











kadal herbivora seperti iguana hijau dapat menghemat air dengan mengeluarkan kelebihan garam dari aliran darah melalui hidung, "kelenjar garam" Inilah yang menghasilkan zat putih berkerak yang kita sering lihat di kandang atau disekitar mulut dan hidung iguana
     



Tokek adalah jenis kadal yang unik karena dapat mengeluarkan suara, ini dikarenakan tokek memiliki pita suara sehingga ia dapat menimbulkan bunyi-bunyian.

Rekor umur terpanjang dipegang oleh kadal manik-manik Meksiko (33 tahun 11 bulan) dan Cayman Island iguana tanah (33 tahun 5 bulan).








Basilisk dan kadal berkerah (Crotaphytus collaris) mampu berjalan di kaki belakang mereka (bipedal/ berdiri). Ketika muda, mereka bahkan dapat berjalan di atas air .



 
 
 
 
 


Kadal terbangkadal draco ditemukan di India, melambung antara pohon-pohon dengan menggunakan sayap seperti membran yang menghubungkan kaki depan dan belakangnya. Mereka datang ke tanah hanya untuk kawin dan bertelur









.

Edited by :
Admin

Source by :
nyatanyag.blogspot.com



"Ingat : Copy Paste adalah HAL MENCURI apabila tidak di sertakan link Pemiliknya"

0 komentar:

Posting Komentar